Minggu, 13 Desember 2009

cacat dan gagal konstruksi


Lokasi bendungan tersebut di Dubai dekat perkotaan

Ø Jenis kerusakan bendungan :

1. Pergeseran struktur diding penahan.

Dari kejadian tersebut dapat dilihat bahwa dinding yang menjadi bangunan pokok pada bendungan tersebut jebol.

2. Kebocoran pada dasar tanah akibat paiping.

Kebocoran air tersebut juga merupakan jenis kerusakan yang mengakibatkan dinding penahan air jebol.

Ø Penyebab kerusakan :

1. Besarnya tekanan air

Daya tekan air lebih besar dari penahan dinding, sehingga dinding penahan air tidak mampu menahan tekanan air, akibatnya dinding penahan air jebol, beruntung saja tidak ada korban jiwa.

2. Penggalian tanah ( memperdalam lokasi proyek )

Pada foto di bawah ini bangunan diperdalam, dengan menambah kedalaman tanah, dengan memperdalam lokasi proyek maka akan mengurangi kekuatan dinding penahan.

3. Dimensi dinding.

Pada bendungan tersebut terlihat bahwa dinding penahan air tidak sesuai dengan daya tekan air. Maksudnya tinggi dinding penahan air dan tebal tidak serasi.

4. Kemiringan dinding

Dari foto bendungan tersebut dinding penahan air terlihat agak tegak sehingga kekuatan dinding tidak bisa maksimal, berbeda dengan dinding penahan air dibuat miring, kekuatannya akan besar dari pada tegak.

Ø Sebelum jebolnya dinding penahan air, bangunan tersebut memperlihatkan tanda-tanda akan terjadi kerusakan yang fatal pada dinding yaitu terjadi kebocoran air pada dinding bawah. Dengan tanda-tanda tersebut para pekerja langsung bisa menyelamatkan diri. Hanya alat berat yang tertinggal di bawah proyek pembangunan bendungan.

2 komentar: